IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Tip & Trik Jago Main Rubik
Penulis : Wicaksono Adi
Penerbit : Gradien Mediatama
Cetakan : 1, 2009
Tebal : 184 halaman
PENULIS
Wicaksono Adi, lahir di Semarang pada 6 Oktober 1986. Di komunitas rubik
Indonesia dan internasional, ia dikenal dengan nama panggilan Chuck.
Mulai mengenal rubik pada Maret 2009, dengan segera ia jatuh cinta
dengan permainan ini serta komunitasnya.
PENDAHULUAN
Buku "Tip & Trik Jago Main Rubik" ini hadir sebagai solusi jitu dan
komplit. Buku ini akan menjadi teman akrab Anda dalam menyelami
permainan rubik, mulai dari nol hingga mahir. Dari berjam-jan hingga
mampu menyelesaikannya dibawah 20 detik, bahkan dengan mata tertutup.
SINOPSIS
Rubik adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam
warna pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö
Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan segera, rubik
menciptakan sensasi internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam
ini menjalar baik pada anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang
memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep yang sederhana, elegan,
namun secara mengejutkan sulit untuk diselesaikan.
Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan
rubik, di antaranya American Rubik's Cube Championship (November 1981),
United Kingdom Rubik's Cube Championship (Desember 1981), Canadian
Rubik's Cube Championship (Maret 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982
untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik's Cube World Championship di
Budapest, di mana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh
rubik. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16
tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik. Ketertarikan publik
pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah
terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan
informasi saat itu. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game
elektronik yang lebih modern. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta
rubik telah terjual (belum termasuk merk-merk tiruannya!), menjadikannya
diakui sebagai permainan puzzle terlaris di dunia. Bahkan rubik juga
disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan
dengan boneka Barbie.
Dengan kemuncurjan internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur
panjangnya. Pada tahun 2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik telah
banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun melanda untuk kedua
kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship
kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang
positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong
peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.
IKHTISAR
Speedsolving adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang
sesingkat-singkatnya. Para pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi
mereka, menyelesaikan rubik adalah sebuah olahraga ketangkasan. Mereka
tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan juga membuktikan diri dan
meraih prestasi.
KELEBIHAN
1. Banyak terdapat gambar yang menarik.
2. Penjelasannya sangat rinci.
3. Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.
KEKURANGAN
1. Beberapa kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.
Sumber : http://www.seocontoh.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar